Monday, July 27, 2015

TAZKIRAH HARI INI UNTUK RENUNGAN BERSAMA.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم 

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين و على آله وصحبه اجمعين. أما بعد:

TAZKIRAH HARI INI UNTUK RENUNGAN BERSAMA.   
(Shah Alam, Jumaat 24 Julai 2015).

22 SIFAT-SIFAT WANITA SHOLEHAH DAMBAAN SUAMI. 

Satu pertanyaan yang biasa di ajukan ?? siapakah yang  di maksudkan dengan wanita sholehah yang selalu di dambakan oleh setiap laki-laki dan  suami, dan bagaimana pula ciri-cirinya ??.

Pada TAZKIRAH hari ini USM ingin menerangkan sedikit tentang  ciri -ciri wanita  sholehah yang didambakan  para suami  untuk  membina  keluarga yang bahagia di dunia dan di akhirat kelak. 

Wanita yang  sholehah di gambarkan dalam firman  Allah SWT dalam al-Qur’an surah An-Nisa  ayat 34:

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ

Ertinya :
"Wanita (istri) shalihah adalah yang taat lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada (di hadapannya) dikarenakan Allah SWT telah memelihara mereka." (An-Nisa: 34).

Islam  memandang Dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah. Seperti dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda :

الدُّنْيَا مَتاَعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ“ 

Ertinya:
"Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim no. 1467).

Untuk para istri maupun calon istri yang shalihah, hendaknya mengetahui apa yang disukai oleh suaminya, banyak sifat dan ciri-ciri wanita shalihah yang sangat didambakan oleh para suami. 

Semua yang dilakukan tidak terlepas dari ajaran-ajaran agama. Perlunya pengetahuan tentang hakikat sebagai seorang istri itu sangat penting agar dalam menjalani kehidupan  rumah tangga berjalan dengan penuh keharmonisan, sakinah, mawaddah wa rahmah. 

Berikut ada beberapa sifat dan ciri-ciri wanita shalihah dambaan suami shalih sesuai ajaran agama islam, antara lain :

1.Wanita yang taat dan bertaqwa kepada Allah SWT dan memahami syariat Allah SWT serta  hukum-hukum Allah SWT.
 
تُنْكَحُ النِّسَاءُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ 

 Ertinya:
 " Wanita dinikahi karena empat faktor yaitu karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka dapatkanlah wanita yang taat beragama niscaya kamu akan beruntung." (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Rasulullah SAW melarang laki-laki menikahi perempuan bukan karena agamanya. 

“Jangan kalian mengawini wanita karena kecantikannya, boleh jadi kecantikannya akan membuatnya sombong kepadamu. Dan jangan pula karena hartanya, boleh jadi kekayaannya membuat dia suka melawanmu, tetapi kawinilah wanita karena agamanya. Sesungguhnya hamba sahaya yang hitam legam dan tidak cantik namun beragama itu lebih baik dari pada  wanita  cantik  yang  tidak  beragama .”(HR. Ibnu Majah). 

Bekal yang sangat diutamakan adalah memahami tentang ajaran-ajaran agama, dapat membaca dan melantunkan ayat-ayat Al-qur'an yang menjadi dasar untuk dapat mewujudkan rumah tangganya dengan pondasi yang kokoh  guna menyiapkan generasi Islam yang diridhoi Allah SWT.

2. Wanita yang mampu  mengaji atau mambaca ayat Al-Qur'an.

 Sangat penting bagi wanita untuk pandai melantunkan dan membaca ayat al-qur'an dan lebih bagus lagi hafaz ayat al-qur'an karena selain pahalanya membacanya yang luar biasa, 

Al-Qur'an merupakan salah satu mukjizat yang Allah SWT jamin kemurniannya. Ada banyak kemuliaan dan kebaikan didalamnya salah satunya adalah Al-Qur'an dapat merangsang perkembangan otak anak dan meningkatkan kepandaian, ketika mengandung hendaknya selalu membacakan ayat-ayat al-qur'an, agar kelak anak  yang dilahirkan menjadi cerdas dan berakhlak mulia dan menjadi  generasi al-Qur’an . 

3. Mampu menjaga aib dan rahasia suami. 

Tidak suka membukakan  aib suami kepada siapapun meskipun  orang  tua dan keluarga sendiri. Istri yang baik akan selalu menjaga rahasia suaminya, karena itu merupakan aib bagi suaminya yang wajib di jaga oleh istri. 

4. Wanita yang berakhlakul karimah.

Dengan selalu menjaga budi bahasanya, santun dalam bercakap, lemah lembut perangainya dan berprilaku sopan santun di hadapan  suaminya. Meskipun  suaminya  lebih  rendah  status dan kedudukannya serta kekayaannya.

5. Tidak  cepat marah pada suami. 

Istri yang baik sentiasa Bersifat lapang dada, bertolak ansur dan mudah untuk memaafkan disetiap kesalahannya meskipun  dengan  perasaan yang  sangat  berat. 

6. Selalu menyenangkan hati suaminya. 

Selalu ceria dan romantis dihadapannya akan membuatnya senang dan mendamaikan hati. Dan tidak suka  membebankan  suaminya dengan  permintaan-permintaan.

7. Memberi perhatian penuh pada suami.

Meskipun pada perkara yang sekecil apapun seperti memberi senyuman, mencium tangannya dan menghantar sampai ke  pintu ketika suaminya hendak pergi. Atau hal yang  lainnya.

8. Menerima dengan  ikhlas  dan menghargai sekecil apapun pemberian suami. 

Bersyukur atas apa yang dia berikan kepada kamu, walau dengan sesuatu  yang tidak berharga sekalipun di mata kamu. Jangan  banyak menuntut  suami  dengan  keinginan-keinginan yang membebankan  suaminya. 
 
9. Taat pada perintah suami,(tanpa harus menjawab dan melawan).

Kewajiban istri  adalah  mendengar  dan mentaati perintah  suaminya (sami'na wa atho'na) selagi perintah tersebut buka  dalam hal maksiat ataupun dosa. 

10. Bersolek hanya untuk menyenangkan hati suami.

Istri yang sholehah  cantiknya  bukan untuk mendapat pujian laki laki lain atau sanjungan wanita lain, bersolek  wanita  sholehah  adalah untuk  menyenangkan  hati suaminya.  

Lelaki mana yang tidak menginginkan wanitanya cantik dan rapih,  sejuk dipandang mata juga dapat memberikan kenyamanan serta aura positif. Tetapi  tidak berlebihan dalam bersolek. 

11. Tidak suka keluar rumah jika tidak ada keperluan yang penting dan wajib meminta izin suaminya. 

Wanita sholihah itu selalu menjaga dirinya di dalam  rumah, bukan selalu pergi keluar rumah berkumpul diluar rumah dengan bergosip  dan mengatakan aib orang lain. 

12. Wanita yang tidak terlalu cemburu. 

Cemburu memang tanda cinta, tapi jangan jadi wanita yang  terlau pecemburu. Cemburu yang berlebihan dapat  membakar keharmonian rumah tangga. Berikanlah kepercayan dan saling setia pada pasangan masing-masing.
 
13. Melayan suami  dengan penuh kasih sayang bagai  menatang minyak  panas. 

Akan sangat berharga rumah tangga ketika isteri memiliki sifat yang penuh kasih sayang, karena sifat ini sangat diperlukan agar ketentraman jiwa suami dapat  terpenuhi. 

14. Jangan menjadi Wanita pemalas. 

Bagaimana tugas rumah dapat diselesaikan jika seorang istri pemalas? Semua di lakukan oleh tangan  pembantu.

Tidak di nafikan begitu banyaknya tugas seorang istri dari mulai mencuci, memasak, menyiapkan makanan, menyapu, membersihkan ruangan dari debu dan kotoran, membersihkan barang-barang, sampai menata rapi ruangan yang ada di dalam rumah, semua itu adalah tugas kewajiban wanita, maka jadilah wanita yang tidak pemalas agar makin disayang suami.

15. Ketika suami sedang berada di rumah. 

Janganlah menyibukkan diri dengan melakukan ibadah-ibadah sunnah atau bergosip  melalui  media  sosial (berface book atau whatsApp) yang bisa menghalangi suaminya untuk istimta' (bernikmat-nikmat) dengannya, kecuali bila suami mengizinkan. 

Jika sudah berumah tangga, istri adalah ladang bagi suaminya, dan disitulah ladang pahala bagi keduanya. 

RasulullahSAW bersabda :

 لاَ يَحِلُّ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَصُومَ وَزَوْجُهَا شَاهِدٌ إِلاَّ بِإِذْنِهِ 

Ertinya: 
“Tidak halal bagi seorang istri berpuasa (sunnah) sementara suaminya ada (tidak sedang bepergian) kecuali dengan izinnya.” (HR. Al-Bukhari l dan Muslim)

16. Melayani suami dengan penuh keihkhlasan dan kesabaran . 

Jangan bermuka masam, atau selalu marah di hadapan  suami agar Allah SWT  tidak melaknatmu. Jangan pula menolak ajakan suami untuk bersenang-senang dengannya, meskipun  kita  dalam keadaan yang kurang sehat atau letih karena Allah SWT sangat tidak menyukai hal itu. Tolak  dengan  cara yang  baik.

17. Menjaga kehormatan diri dan harta benda suami. 

Baik ketika suami sedang  berada di rumah maupun sedang berada di luar rumah. Karena kehormatan wanita dan harta benda suami adalah amanah  yang wajib di jaga oleh istri.

18. Tidak suka membantah  dan melawan perkataan suami. 

Terkecuali perkataannya salah dan menyesatkan dalam perkara  agama. Jika tidak menyukai, maka bicarakanlah dengan lembut tanpa meninggikan suara atau dengan kekerasan dan menimbulkan pertengkaran dan pergaduhan. 

19. Mampu menghibur suami.

Ketika suami sedang bersedih atau suami tengah ditimpa musibah sangat banyak  masalah. Jangan menambah  masalah dan keadaannya. Buatlah hatinya menjadi tenang dan senang. 

20. Wanita yang cerdas. 

Istri yang cerdas adalah dambaan semua pria, karena mereka ingin anak-anaknya terlahir dari wanita yang cerdas, agar mampu merawat, membimbing dan mendidik putra-putrinya kelak dengan berbagai pendidikan dan akhlak mulia. 

21. Mampu  menjaga diri dari fitnah. 

Dalam arti kata lain wanita yang mampu menjaga pandangannya dari fitnah dunia dengan kemewahan dunia dan harta benda serta fitnah  laki-laki yang menggoda untuk memporak perandakan rumah tangga. 

22. Wanita yang mempunyai sifat keibuan. 

Sifat keibuan seorang wanita dapat  di lihat kerana  akhlaknya dan kelembutan budi bahasa serta rasa cintanya yang begitu besar demi anak-anak  kesayangannya.

Sifat keibuan dan Kelembutan rasa yang dimilikinya dapat menjadikan anak-anak  lebih dekat dan hangat dalam dekapannya. Suami pasti bangga memiliki seorang istri yang dapat dipercaya dan amanah  serta bersifat keibuan dalam mengurusi anak-anaknya kelak.

Jika memiliki istri sholehah seperti itu, insya Allah kehidupan keluarga yang dibinanya akan selalu dalam limpahan keberkahan dari Allah SWT, sakinah, mawaddah wa rohmah serta dapat melahirkan putra-putri yang shalih shalihah serta menjadi penyejuk mata hati penenang jiwa dan fikiran. 

Ya Allah  jadikan pasangan  hidup kami, pasangan yang Engkau  ridhoi dengan karakter yang baik dan menjadi penyejuk mata hati  kami untuk kehidupan kami di dunia dan kelak hingga menuju kesyurga-Mu, mudah-mudahan keluarga kami sentiasa mendapatkan kebahagiaan dan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah wa rohmah. Aamiinn Yaa Robbal 'Aalamiin !!!!!

Wallahu A'lam. 
Doakan istiqamah serta Sehat wal Afiat. 
Wassalam USM. (Ustaz Sihabuddin Muhaemin).

Catatan:
ILMU ITU HANYA MILIK ALLAH SWT UNTUK DISEBARKAN. 
SILA KONGSIKAN DENGAN SESAMA SAUDARA. 
Mudah-Mudahan bermanfaat Untuk Semua.
Di Dunia Dan Di Akhirat Nanti. Insya-Allah. Aamiinn !!!!!

Kritik Dan Saran Yang Membina Sangat Dialu-alukan. 
Sila tlp/sms kami, USM (012-6653988). 
Atau layari laman facebook:
http://www.facebook.com:
USM - Sihabuddin Muhaemin.

TERIMA KASIH.  
(Shah Alam, Jumaat 8 Syawal  1436 H).

No comments:

Post a Comment